Gowa, pba.pps.uin-alauddin.ac.id – Ketua dan Sekretaris Program Studi Magister Pendidikan Bahasa Arab Pascasarjana UIN Alauddin Makassar menerima tim auditor Audit Mutu Internal Lembaga Penjaminan Mutu di ruang prodi Magister Pendidikan Bahasa Arab lantai 3 gedung baru Pascasarjana UIN Alauddin Makassar, Rabu (18/12/2024)
Pelaksanaan audit di Prodi Magister PBA ditugaskan kepada Dr. Sardian Maharani Asnur, M.Pd., dosen Prodi Bahasa dan Sastra Inggeris Fakultas Adab dan Humaniora dan Kurnia Ramadani, S.Si., M.Pd., dosen Prodi Kimia Fakultas Sains dan Teknologi. Kegiatan ini dilaksanakan pasca opening pelaksanaan audit Pascasarjana yang diketuai oleh Dr. Cut Muthiadin, M.Si., dosen Fakultas Sains dan Teknologi.
Kegiatan ini bertujuan untuk memastikan kesesuaian pelaksanaan kegiatan akademik dan non-akademik dengan standar mutu yang telah ditetapkan, serta mendorong perbaikan berkelanjutan. Audit ini merupakan bagian dari program evaluasi yang rutin dilakukan oleh Lembaga Penjaminan Mutu UIN Alauddin Makassar untuk memonitor dan mengevaluasi implementasi sistem penjaminan mutu di UIN Alauddin Makassar.
Ketua Program Studi Magister Pendidikan Bahasa Arab, Dr. Hj. Haniah, Lc., M.A., menyampaikan bahwa audit ini sangat penting untuk menjaga kualitas layanan akademik dan memastikan lulusan memiliki kompetensi yang unggul.
“Pada hari bahasa Arab dunia ini, kami berkomitmen untuk terus meningkatkan standar mutu akademik. Audit ini adalah langkah penting untuk memastikan bahwa Prodi Magister Pendidikan Bahasa Arab tetap menjadi program studi yang berkualitas dan relevan dengan kebutuhan zaman,” ujar Haniah.
Dalam kegiatan audit, berbagai dokumen pendukung seperti Rencana Pembelajaran Semester (RPS), Kurikulum, Laporan monitoring dan evaluasi proses pembelajaran, penilaian pembalajaran dan laporan kegiatan akademik dan non akademik.
Salah satu auditor, Dr. Sardian, M.Pd., menyampaikan apresiasinya terhadap keterbukaan dan kesiapan Prodi dalam menghadapi audit ini. “Kami melihat upaya yang sangat baik dari Prodi Magister Pendidikan Bahasa Arab dalam menjaga mutu akademik. Tentu ada beberapa rekomendasi untuk perbaikan, namun secara umum, implementasi sistem mutu sudah berjalan dengan baik,” katanya.
Hasil audit ini akan menjadi dasar untuk penyusunan rencana tindak lanjut yang melibatkan seluruh elemen di lingkungan Prodi. Dengan adanya evaluasi ini, diharapkan Prodi Magister Pendidikan Bahasa Arab dapat terus berinovasi dan memberikan kontribusi positif dalam pengembangan pendidikan bahasa Arab di Indonesia.