Kompetensi utama lulusan prodi mengacu pada profil utama lulusan Program Studi Magister Pendidikan Bahasa Arab yaitu: menghasilkan Pendidik, Peneliti, Pengembang dalam bidang Pendidikan Bahasa Arab yang memiliki kemampuan dan keahlian khusus dalam mendesain, mengembangkan, dan melaksanakan pembelajaran Bahasa Arab secara profesional, berintegritas, dan berakhlak al-karimah.
Beban studi program magister bagi peserta sekurang-kurangnya 45 sks dan sebanyak-banyaknya 50 sks yang dijadwalkan untuk 4 (empat) semester dan dapat ditempuh dalam waktu 4 (empat) semester dan selama-lamanya 8 (delapan) semester termasuk penyusunan tesis, setelah program sarjana, atau yang sederajat (Kepmendiknas No. 232/U/2000)
No | Kode | Matakuliah | SKS |
---|---|---|---|
1 | PSM130005 | Studi Quran | 3 |
2 | PSM130006 | Studi Hadis | 3 |
3 | PSM130003 | Filsafat Ilmu | 3 |
4 | PSM130004 | Metodologi Penelitian | 3 |
5 | PBM130001 | Pengembangan Kurikum PBA | 3 |
6 | PBM130006 | Studi Naskah Pemikiran Linguistik | 3 |
No | Kode | Matakuliah | SKS |
---|---|---|---|
1 | PBM130005 | Pengembangan Metode dan Strategi PBA | 3 |
2 | PBM130002 | Pengembangan Bahan Ajar Bahasa Arab | 3 |
3 | PBM130003 | Media dan Teknologi PBA | 3 |
4 | PBM530007 | Ushul al-Nahw wa al-Sharf | 3 |
No | Kode | Matakuliah | SKS |
---|---|---|---|
1 | PBM230004 | Evaluasi PBA | 3 |
2 | PBM530001 | Semantik dan Leksikologi | 3 |
3 | PBM230009 | Balaghah | 3 |
4 | PSM260005 | Tesis | 6 |
Pendekatan dalam pembelajaran di antaranya Problem Based Learning dan konstruktivisme.