Inovasi Media Ajar, Ghazali Awaluddin Uji Efektivitas Papan Magnet Hijaiyah di Munaqasyah Pascasarjana UIN Alauddin

Makassar – Mahasiswa Program Studi Magister Pendidikan Bahasa Arab Pascasarjana UIN Alauddin Makassar, Ghazali Awaluddin (NIM 80400221022), telah melaksanakan ujian munaqasyah tesis pada Senin, 25 Agustus 2025. Kegiatan akademik ini berlangsung di kampus Pascasarjana UIN Alauddin Makassar dengan suasana penuh khidmat dan nuansa ilmiah.

Dalam ujian tersebut, Ghazali memaparkan hasil penelitiannya yang dituangkan dalam tesis berjudul “Efektivitas Penggunaan Media Ajar Papan Magnet Hijaiyah terhadap Kemampuan Imla’ Manzhur Santri Kelas 7 Pondok Modern Nurul Asafa Takalar”. Penelitian ini berfokus pada upaya peningkatan kemampuan ejaan (Imla’ Manzhur) santri melalui pemanfaatan media ajar inovatif berupa papan magnet hijaiyah. Penelitian dilakukan dengan pendekatan kuantitatif melalui desain eksperimen yang membandingkan kelompok eksperimen dan kelompok kontrol untuk melihat sejauh mana efektivitas media pembelajaran tersebut.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media papan magnet hijaiyah mampu memberikan pengalaman belajar yang lebih interaktif dengan menggabungkan aspek motorik, auditori, dan visual, sehingga dapat meningkatkan minat sekaligus keterampilan santri dalam pembelajaran bahasa Arab. Temuan ini diharapkan dapat menjadi salah satu alternatif metode pembelajaran yang aplikatif dan relevan dengan kebutuhan pendidikan di pesantren, khususnya dalam penguasaan keterampilan menulis bahasa Arab.

Ujian munaqasyah ini menghadirkan tim penguji, yakni Dr. Hj. Haniah, Lc., M.A., Dr. Azizul Hakim, M.Pd.I., Dr. Shabir U, M.Ag., serta Dr. M. Fihris Abdul Khalik, S.S., M.A., Ph.D. Para penguji memberikan berbagai masukan, kritik konstruktif, serta saran yang membangun untuk penyempurnaan tesis. Diskusi akademik berlangsung dinamis dengan penekanan pada kontribusi penelitian terhadap pengembangan media ajar bahasa Arab di lingkungan pendidikan formal maupun nonformal.

Dengan pelaksanaan munaqasyah ini, Ghazali Awaluddin selangkah lebih maju dalam proses akademiknya menuju gelar Magister Pendidikan Bahasa Arab. Keberhasilannya diharapkan dapat memberikan inspirasi bagi mahasiswa lain untuk terus berinovasi dalam menghadirkan penelitian yang bermanfaat bagi pengembangan pendidikan, khususnya dalam bidang pengajaran bahasa Arab di Indonesia.

Leave a Reply