Makassar – Muhammad Ihsan, mahasiswa Magister Pascasarjana UIN Alauddin Makassar dengan NIM 80400222015, telah melaksanakan ujian munaqasyah pada Selasa, 19 Agustus 2025.
Dalam sidang akademik tersebut, Muhammad Ihsan mempresentasikan hasil penelitiannya berjudul “Pengaruh Profesionalitas Guru terhadap Hasil Belajar Bahasa Arab Peserta Didik di MTs Darul Abrar Bone.” Penelitian ini mengungkap bagaimana profesionalitas guru berhubungan dengan capaian belajar siswa, khususnya dalam pembelajaran bahasa Arab.
Sidang munaqasyah ini menghadirkan tim penguji yang terdiri dari akademisi dan praktisi pendidikan berpengalaman, yakni: Prof. Dr. Amrah Kasim, M.A., Dr. M. Shabir U, M.Ag., Dr. Hj. St. Syamsudduha, M.Pd., serta Dr. Hamka Ilyas, M.Th.I.. Mereka memberikan kritik, saran, sekaligus apresiasi terhadap penelitian yang disusun dengan pendekatan kuantitatif ex post facto tersebut.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa profesionalitas guru bahasa Arab di MTs Darul Abrar berada pada kategori sedang dengan rata-rata 57,7%, sedangkan hasil belajar siswa berada pada kategori baik dengan rata-rata 74,53%. Namun, uji korelasi dan regresi memperlihatkan bahwa profesionalitas guru tidak berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar. Temuan ini menegaskan adanya faktor lain yang lebih dominan dalam memengaruhi keberhasilan belajar, seperti motivasi, strategi pembelajaran, maupun dukungan lingkungan.
Melalui ujian munaqasyah ini, Muhammad Ihsan menegaskan pentingnya peningkatan kualitas pembelajaran bahasa Arab secara menyeluruh. Ia juga merekomendasikan penelitian lanjutan dengan melibatkan variabel lain yang dapat memperkaya kajian tentang efektivitas pengajaran bahasa Arab di tingkat madrasah.