Ketua Prodi Magister PBA Narasumber Seminar Paralel 1st ADAI Internasional Seminar

Pacet Mojokerto, pba.pps.uin-alauddin.ac.id – Seminar Internasional pertama ADAI (Asosiasi Dosen Azhari Indonesia) digelar di sela rangkaian kegiatan Multaqo ke-8 Alumni al-Azhar dan Seminar Internsional yang diselenggarakan oleh Organisasi Internasional Alumni al-Azhar (OIAA) Indonesia di Kampus Universitas Abdul Chalim PP Amanatul Ummah Pacet Mojokerto, Jumat (13/09/2024)

ADAI merupakan perkumpulan para dosen alumni Universitas al-Azhar yang mengabdi di perguruan tinggi baik negeri maupun swasta. Perkumpulan ini didirikan pada 19 Juni 2024 dan dikukuhkan secara resmi pada tanggal 13 September 2024 di kampus Universitas Abdul Chalim (UAC) Pacet Mojokerto pada acara gala dinner dan pembukaan Multaqo ke-8 serta seminar internasional alumni universitas al-Azhar Mesir.

Ketua ADAI Periode 2024-2028 Prof. Dr. Irfan Helmy, Lc. M.A. merasa optimis dengan keberadaan ADAI yang menjadi wadah pengembangan akademik para dosen Azhari di Indonesia untuk turut berkontribusi untuk bangsa, tutur Dekan Fakultas Dakwah dan GB UIN Salatiga ini yang sebentar lagi akan bertugas sebagai Atase Pendidikan dan Kebudayaan KBRI Riyadh Kerajaan Saudi Arabiah.

Lounching ADAI dihadiri oleh ketua Organisasi Internasional Alumni al-Azhar Pusat, Prof. Dr. Abbas Syauman, Rektor al-Azhar Prof. Dr. Salamah Daud, Sekjen OIAA Prof Dr. Abdul Dayem Nosair, Ketua OIAA Indonesia TGB Dr. H. Zainul Majdi, Sekjen OIAA Indonesia Dr. H. Muchlis Hanafi dan tuan rumah Prof. Dr. K.H. Asep Saifuddin Abdul Chalim dan putranya Dr. Muhammad al-Barra, Lc. wakil bupati Mojokerto yang juga merupakan alumni al-Azhar.

Kegiatan ini juga dihadiri oleh 700an alumni yang tersebar di berbagai penjuru nusantara dari pulau Sumatera, Jawa, Kalimantan, Sulawesi, Nusa Tenggara diantaranya wakil Rektor II Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar, Dr. H. Andi Aderus, Lc., MA serta dua pimpinan Pascasarjana Dr. Haniah, Lc. M.A. Ketua Prodi Magister PBA dan Dr. Nasrullah Safa, Lc. M.M. Sekretaris Prodi Magister Ekonomi Syariah

ADAI berkontribusi pada kegiatan ini dengan mengadakan seminar internasional pertama bertema “The Role of Civil Society Institusions in Realizing National Resilience and Strengthening Social Harmony” yang meloloskan 46 makalah dosen azhari dari berbagai perguruan tinggi di Indonesia, terbagi dalam 7 sesi panel yang dipresentasikan baik secara offline di gedung Pascasarjana UAC maupun online melalui zoom meeting.

Seminar Internasional ADAI ini diketuai oleh Prof. Dr. Hamka, Lc., M.Th.I. Dekan Fakultas Dirasah Islamiyah UIN Syarif Hidayatullah Jakarta pada masanya sukses menggelar seminar ini.

Ketua Prodi Magister Pendidikan Bahasa Arab UIN Alauddin Makassar Dr. Haniah, Lc. M.A. mendapat kesempatan untuk presentasi makalah yang berjudul Analisis Balagah pada hadis Nabi Saw : Membentuk ketahanan Sosial melalui Komunikasi Prophetic yang dipresentasikan dengan bahasa Arab. Tiga pimpinan UIN Alauddin lainnya turut berkontribusi pada seminar paralel ini yaitu Sekretaris Prodi Magister Ekonomi syariah Dr. Nasrullah Safa, Lc., M.M., Sekretaris Prodi Doktor Dirasah Islamiyah Dr. Abd. Rahman Sakka, Lc., M.Th.I., dan ketua Prodi Bahasa dan Sastra Arab Dr. Baso Pallawagau. Lc. M.A.

Leave a Reply