ITHLA Menghadirkan Dua Pakar Bahasa Arab Indonesia Timur pada Webinar Nasional Kebahasaan

ITHLA (Ittihad Thalabah al-Lugah al-Arabiyyah) Perkumpulan Pelajar Bahasa Arab Indonesia mengadakan webinar nasional kebahasaan dengan tema “Peran Bahasa Arab dalam Pembangunan Bangsa” melalui Zoom meeting room, Sabtu, 25 September 2021.

Kegiatan webinar ini menghadirkan dua narasumber yaitu : Dr. H. M.Ruslan, M.A., Dosen pakar Bahasa Arab Universitas Muslim Indonesia juga sebagai Wakil Rektor IV Universitas Islam Makassar dan Dr. Haniah, Lc. MA., Ketua Prodi Magister Pendidikan Bahasa Arab UIN Alauddin Makassar, juga merupakan sekertaris IMLA (Ittihad Mudarrisi al-Lugah al-Arabiyyah) Sul-Sel Periode 2021-2025.

Kegiatan webinar ini merupakan rangkaian dari kegiatan pelantikan pengurus ITHLA periode 2021-2022 yang dinahkodai oleh Alfikri Rausen Aditya, mahasiswa Jurusan Bahasa dan Sastra Arab UIN Alauddin Makassar.

Bahasa Arab merupakan dasar utama memahami ajaran agama Islam sehingga sangat penting bagi setiap muslim untuk mempelajarinya agar terhindar dari paham-paham ekstrimisme yang cenderung memahami teks keagamaan secara tekstual. Justru dengan pemahaman bahasa Arab menghindarkan bangsa ini dari paham radikalisme dan terorisme, ungkap Dr. Ruslan, M.A dalam materinya.

Di sisi lain, bahasa Arab merupakan bahasa Internasional yang diakui PBB sehingga dengan menguasai bahasa Arab dapat memperluas jaringan dengan dunia internasional yang mendukung pembangunan bangsa Indonesia, sehingga menjadi penting untuk dikuasai dan digunakan dalam berkomunikasi, ungkap Haniah dalam paparan materinya.

Pengurus ITHLA menyampaikan ucapan terima kasih kepada kedua narasumber yang telah memberikan kontribusi dalam webinar dan memberikan pencerahan pentingnya penguasaan bahasa Arab untuk kemajuan bangsa bukan malah membahayakan bangsa, ungkap ketua ITHLA Indonesia. (Red)

Leave a Reply